Rabu, 19 Oktober 2011

Resume PBO-04



Pengantar Method


Salah satu konsep penting dari pemrogramman berorientasi objek adalah pembuatan method. Seperti yang kita ketahui bahwa yang namanya class memiliki nama class, attribut dan method. Ya…method, merupakan salah satu komponen class yang sangat penting. Sebuah class akan menjadi kumpulan variable tanpa bisa melakukan apapun jika class tersebut tidak memiliki method. Semua proses, operasi dan implementasi algoritma diletakkan dalam method. Perhatikan contoh class berikut ini:


public class ContohWoMethod{ private int i=10; private String str=""; if(int>10) str="i lebih dari 10"; else str="i kurang dari 10"; }

Kalau kita perhatikan definisi class di atas jelas tidak masalah, tidak ada kesalahan syntax, tapi class tersebut pasti tidak bisa di-compile. Mengapa bisa demikian?
Karena belum ada pengembali nilainya. dengan kata lain method yg dibuat belum lengkap. kurang SET dan GET nya.

Method sama halnya seperti function, procedure ataupun subroutine. Setiap bahasa pemograman biasanya memiliki ciri masing-masing dan method biasanya digunakan oleh bahasa pemograman Java. Analogi yang bisa kita gunakan untuk lebih memahami method dengan memisalkan class adalah sebuah perusahaan dan method adalah services yang disediakan. Seandainya kita menanyakan sebuah no telp ke information services yang ada diperusahaan tersebut, maka kita melewatkan sebuah informasi yaitu berupa nama dari orang yang kita cari no telpnya kepada information services (method). Kemudian method tersebut melakukan sesuatu yang akan memberikan nilai pada kita berupa no telp yang kita butuhkan.


Dalam bahasa pemograman Java, statemen-statemen dikelompokkan dalammethod-method dan setiap method harus berada didalam sebuah class. Setiap method mempunyai nama yang diawali dengan lowercase dan pada umumnya menggunakan kata kerja, karena method digunakan untuk melakukan sesuatu. Level atas biasanya melakuan banyak pemanggilan method untuk melakukan tugasnya, dan sebuah method punya kemungkinan untuk memanggil method yang lain.


Keywords yang perlu diketahui saat kita bekerja dengan method :

1. Argument, informasi yang dilewatkan pada sebuah method, biasanya dituliskan dalam tanda kurung setelah nama method. Untuk memisahkan argument-argument yang ada didalamnya menggunakan koma.

Contoh : tes = JOptionPane.showInputDialog (null, “ngetes”);

2. Static method, tidak memiliki object yang dilewatkan

Ketika kita ingin memanggil static method yang ada pada class yang berbeda maka kita harus menuliskan nama class nya terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh titik dan dilanjutkan dengan nama method. Jika kita tidak mendefinisikan namaclassnya maka diasumsikan bahwa method yang didefinisikan ada dalam kelas tersebut.

Static call syntax: className.methodName( arguments )

3. Instance method, memiliki object yang dilewatkan, jika yang ada didepan titik adalah object maka dia disebut sebagai instance method.

Instance call syntax: object.methodName( arguments )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar