Rabu, 29 Februari 2012

Resume Jarkom Pertemuan 2

OSI 7 Layer Model Referensi Untuk Jaringan Komunikasi

Open System Interconnection (OSI) model merupakan model referensi yang dikembangkan oleh ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi) pada tahun 1984, sebagai kerangka konseptual standar untuk komunikasi dalam jaringan di seluruh peralatan yang berbeda dan aplikasi dengan vendor yang berbeda. Sekarang dianggap model arsitektur utama untuk antar-komputasi dan komunikasi jaringan internet. Sebagian besar protokol jaringan komunikasi yang digunakan saat ini memiliki struktur yang didasarkan pada model OSI. Model OSI mendefinisikan proseskomunikasi menjadi 7 lapisan, yang membagi tugas terlibat dengan memindahkan informasi antara jaringan komputer ke tujuh lebih kecil, kelompok tugas lebih mudah dikelola. Sebuah tugas atau kelompok tugas ini kemudian ditugaskan untuk masing-masing dari tujuh lapisan OSI. Setiap lapisan cukup mandiri sehingga tugas yang diberikan kepada setiap lapisan dapat diimplementasikan secara independen. Hal ini memungkinkan solusi yang ditawarkan oleh satu lapisan diperbarui tanpa merugikan mempengaruhi lapisan lainnya.


Tujuh lapisan dari model OSI dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :
  1. lapisan atas (lapisan 7, 6 ​​& 5)
  2. lapisan bawah (lapisan 4, 3, 2, 1).
Lapisan atas dari model OSI berurusan dengan persoalan aplikasi dan umumnya hanya diimplementasikan dalam perangkat lunak. Lapisan tertinggi, lapisan aplikasi, adalah paling dekat ke pengguna akhir.
Semakin rendah lapisan model OSI menangani masalah transportasi data. Lapisan fisik dan lapisan data link diimplementasikan dalam hardware dan software. Lapisan terendah, lapisan fisik, paling dekat dengan media jaringan fisik (kabel, misalnya) dan bertanggung jawab untuk menempatkan data pada media.

Fungsi dari setiap Layer :

  1. Application Layer: Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya.
  2. Presentation Layer: Bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .gif dan JPG untuk gambar. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan konversi. 
  3. Session Layer: Menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi,- bagaimana mereka saling berhubungan satu sama lain. Koneksi di layer ini disebut “session”. 
  4. Transport Layer: Bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika “end-to-end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling).
  5. Network Layer: Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan. Data pada layer ini berbentuk paket. 
  6. Data Link Layer: Menyediakan link untuk data, memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan “hardware” kemudian diangkut melalui media. komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physical antara sistem koneksi dan penanganan error. 
  7. Physical Layer: Bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik antar sistem.
Cara Kerja OSI Layer

Ketika data ditransfer melalui jaringan, sebelumnya data tersebut harus melewati ke-tujuh layer dari satu terminal, mulai dari layer aplikasi sampai physical layer, kemudian di sisi penerima, data tersebut melewati layer physical sampai aplikasi. Pada saat data melewati satu layer dari sisi pengirim, maka akan ditambahkan satu “header” sedangkan pada sisi penerima “header” dicopot sesuai dengan layernya. Dari masing-masing layer mempunyai tugas tersendiri demi kelancaran data yang akan dikirimkan. Berikut adalah deskripsi singkat beberapa tugas dari masing-masing layer dari layer application sampai physical.

Senin, 14 November 2011

PBD - Resume Pertemuan 8

NIM/NAMA : 10410100218/ Achmad Vierdan Habibi
Dosen : Tan Amelia
Tugas : Resume pertemuan 8
ADO.NET ARCHITECTURE
ADO.NET berfungsi menyediakan antar muka pengrograman pada project kita dengan berbagai sumber data. Dengan kata lain pengolahan data pada database dilakukan melalui kode-kode ADO.NET ini, lalu ditampilkan pada aplikasi kita.

Objek - objek ADO.NET
  1. Objek Connection membuat hubungan antara aplikasi windows kita dan sumber data luar, seperti SQL Server atau Data MS-Access. Objek ini juga menyediakan mekanisme untuk mengadakan hubungan, melakukan pencarian dan melakukan transaksi. Ini adalah objek yang paling tinggi levelnya pada model Objek ADO.NET 
  2. Objek Command dipergunakan untuk melakukan pencarian, termasuk parameter khsus yang dimasukkan oleh pemakai, mengakses rekaman dati sumber data. Pada umumnya, rekaman-rekaman ini dikembalikan dalam bentuk Objek Table. Objek command dibuat dari tabel basis data, query yang tersimpan atau Query Bahasa Pencarian Terstruktur/Structured Query Language (SQL). 
  3. DataAdapter Melalui DataAdapter ini kita dapat mengambil data rekaman dengan langsung memberikan perintah SQL maupun melalui objek Command. 
  4. DataSet Setelah record (rekaman) di hasilkan melalui DataAdapter lalu record tersebut diisikan ke dalam Dataset. Di dalam dataset sebenartnya bisa dimuat lebih dari satu table. Untuk kemudahan kita hanya mengisi DataSet dengan satu buah tabel saja. 
  5. Table Objek Recordset tidak dipergunakan lagi pada ADO.NET sebagai gantinya kita akan memakai object Table yang terdapat di dalam Dataset untuk mengakses rekaman-rekaman yang dikembalikan dari query SQL. Anda mempergunakan Objek Table untuk menyajikan data kepada pemakai. Objek Table ini berisi rekaman (record) yang dapat langsung dipergunakan untuk megisi gridview atau textbox. Objek table ini terdapat di dalam dataset.
nama space -> System.data
jika SQL server -> System.data.SQLClient
jika M.Access -> System.data.OleDB
jika Oracle -> System.data.OracleConnection

imports System.data.SQLClient harus dituliskan diatas agar diketahui koneksinya.

DataBase berfungsi untuk menyimpan data.
sedangkan XML berfungsi untuk menyimpan data dalam bentuk text. (tidak menggunakan data adapter tetapi menggunakan readXML dan writeXML.

Data Reader berfungsi untuk menampilkan data

Data Adapter adalah jembatan penghubung antara database dan data set(temporary data base = bersifat sementara)

fungsi - fungsi dalam data set
.newrow
.rows.add
.rows.delete
.rows.update

Data Base ke Data set menggunakan method fill
sedangkan Data set ke Data Base menggunakan method update

Connected Aplication Objects
Data source adalah nama server

khusus lokal (nama server)
  1. nama komputer
  2. (local)
  3. localhost
  4. IP (digunakan untuk jaringan)
"Data source=nama server;"&_
"initial catalog=nama data base;"&_
"user id=___; password=___;"&_ jika menggunakan SQL server
"Integrated Security=True;" jika menggunakan windows Authentification

Dim OSqlconn As new Sqlconnection ("Data source=nama server;"&_"initial catalog=nama data base;"&_"user id=___; password=___;"&_)

SQL command

Dim cmd As SqlCommand = new SqlCommand

cmd.CommandText="Insert into_____values("&textbox1&;","&textbox2&","&textbox3&")
cmd.executedNonQuery 



Selasa, 01 November 2011

Pentingnya Perilaku Keorganisasian dalam membentuk SDM yang handal dan memiliki need for achievment

pentingnya perilaku keorganisasian, di sebuah tempat tinggal terutama kontrakan

disini saya akan bercerita sedikit tentang organisasi yang saya ikuti di tempat tinggal saya yang ada di surabaya. saya tinggal dengan beberapa teman yang kuliah di stikom surabaya. sebagian banyak dari kami satu jurusan yakni sistem informasi, dan ada pula komputer akuntansi dan MM.

kami tinggal disebuah kontrakan yang awalnya berantakan, tak ada yang mengatur, sembarangan dan lain - lain. hingga suatu saat kami menyadari bahwa kontrakan yang kami tinggali ini berantakan. jadi kami memutuskan untuk membentuk organisasi yang mengutamakan kebersihan, keamanan, kenyamanan, serta kekeluargaan.

awalnya organisasi yang kita buat berjalan hanya beberapa minggu saja terus kembali seperti sedia kala. sehingga salah satu dari kami, sebut saja namanya yayan merasa tidak nyaman dengan kontrakan ini karena minimnya kebersihan.

pada malam itu kira - kira hari selasa para penghuni kontrakan diharapkan ngumpul untuk rapat masalah kontrakan. agar 4K yang kita harapkan tadi terwujud. setiap orang harus mengeluarkan pendapat dan unek - uneknya. setelah hampir 2 jam bicara akhirnya mendapatkan solusi yang mungkin terbaik dan kami akan coba. yakni kita bekerja sesuai dengan desjob yang sudah dibagi. kami juga meminta bantuan tetangga kami yang bernama pak romli untuk bekerja membersihkan setiap ruangan kecuali kamar pribadi kami agar telihat bersih.

kami mengharapkan ada perubahan yang terjadi untuk mendatang agar terwujud 4K tersebut. kami semua berharap dengan 4K tersebut bisa membuat kita merasa memiliki dan menjaga kontrakan tempat tinggal kami agar bisa belajar lebih baik dan berprestasi dalam kuliah dan masa depan kami.

Rabu, 19 Oktober 2011

Resume PBO-05






Simulasi System Perbankan Sederhana

import java.io.*;
class Personal
{
static BufferedReader in = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));

static int MENU() throws Exception
{
System.out.println("1. Masukkan Transaksi");
System.out.println("2. Cek Saldo");
System.out.println("3. Print Detail Transaksi");
System.out.println("4. Exit");
System.out.print("Pilihan : ");
return Integer.parseInt(in.readLine());
}

public static void main(String[] args) throws Exception
{
int saldo = 0;
int count = 0;
Transaksi[] trans = new Transaksi[100];

do
{
int pil = MENU();
if(pil == 1)
{
trans[count] = new Transaksi();

System.out.print("Tanggal : ");
trans[count].setTgl(in.readLine());
System.out.print("Nominal : ");
trans[count].setNominal(Integer.parseInt(in.readLine()));
System.out.print("Keterangan : ");
trans[count].setKet(in.readLine());
System.out.print("Status : ");
trans[count].setStatus(in.readLine());

if(trans[count].getStatus().equals("debet"))
{
saldo += trans[count].getNominal();
}
else
{
saldo -= trans[count].getNominal();
}

count ++;
}
else if(pil == 2)
{
System.out.println("Saldo : " + saldo);
}
else if(pil == 3)
{
System.out.println("Tanggal\t\t\t\tNominal\t\tKeterangan\tStatus");
for(int i=0;i

Resume PBO-04



Pengantar Method


Salah satu konsep penting dari pemrogramman berorientasi objek adalah pembuatan method. Seperti yang kita ketahui bahwa yang namanya class memiliki nama class, attribut dan method. Ya…method, merupakan salah satu komponen class yang sangat penting. Sebuah class akan menjadi kumpulan variable tanpa bisa melakukan apapun jika class tersebut tidak memiliki method. Semua proses, operasi dan implementasi algoritma diletakkan dalam method. Perhatikan contoh class berikut ini:


public class ContohWoMethod{ private int i=10; private String str=""; if(int>10) str="i lebih dari 10"; else str="i kurang dari 10"; }

Kalau kita perhatikan definisi class di atas jelas tidak masalah, tidak ada kesalahan syntax, tapi class tersebut pasti tidak bisa di-compile. Mengapa bisa demikian?
Karena belum ada pengembali nilainya. dengan kata lain method yg dibuat belum lengkap. kurang SET dan GET nya.

Method sama halnya seperti function, procedure ataupun subroutine. Setiap bahasa pemograman biasanya memiliki ciri masing-masing dan method biasanya digunakan oleh bahasa pemograman Java. Analogi yang bisa kita gunakan untuk lebih memahami method dengan memisalkan class adalah sebuah perusahaan dan method adalah services yang disediakan. Seandainya kita menanyakan sebuah no telp ke information services yang ada diperusahaan tersebut, maka kita melewatkan sebuah informasi yaitu berupa nama dari orang yang kita cari no telpnya kepada information services (method). Kemudian method tersebut melakukan sesuatu yang akan memberikan nilai pada kita berupa no telp yang kita butuhkan.


Dalam bahasa pemograman Java, statemen-statemen dikelompokkan dalammethod-method dan setiap method harus berada didalam sebuah class. Setiap method mempunyai nama yang diawali dengan lowercase dan pada umumnya menggunakan kata kerja, karena method digunakan untuk melakukan sesuatu. Level atas biasanya melakuan banyak pemanggilan method untuk melakukan tugasnya, dan sebuah method punya kemungkinan untuk memanggil method yang lain.


Keywords yang perlu diketahui saat kita bekerja dengan method :

1. Argument, informasi yang dilewatkan pada sebuah method, biasanya dituliskan dalam tanda kurung setelah nama method. Untuk memisahkan argument-argument yang ada didalamnya menggunakan koma.

Contoh : tes = JOptionPane.showInputDialog (null, “ngetes”);

2. Static method, tidak memiliki object yang dilewatkan

Ketika kita ingin memanggil static method yang ada pada class yang berbeda maka kita harus menuliskan nama class nya terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh titik dan dilanjutkan dengan nama method. Jika kita tidak mendefinisikan namaclassnya maka diasumsikan bahwa method yang didefinisikan ada dalam kelas tersebut.

Static call syntax: className.methodName( arguments )

3. Instance method, memiliki object yang dilewatkan, jika yang ada didepan titik adalah object maka dia disebut sebagai instance method.

Instance call syntax: object.methodName( arguments )

Resume PBO-03

Constructor


Constructor adalah method yang secara otomatis dipanggil/ dijalankan pada saat sebuah class diinstansi. jika dalam sebuah class tidak terdapat constructor maka secara otomatis Java akan membuat sebuah default constructor. Nama constructor harus sama dengan nama class dan tidak boleh memiliki tipe return value. sama halnya dengan method constructor dapat memiliki satu atau banyak parameter maupun tanpa parameter.

Multiple Constructor
adalah adanya lebih dari satu constructor untuk sebuah class. yang membedakan antara satu constructor dengan constructor lainnya adalah pada parameternya(nama constructornya sama)

Function Overloading
Overloading adalah diperbolehkannya dalam sebuah class memiliki lebih dari satu function yang serupa (nama function-nya sama) tetapi deklarasi - deklarasi parameternya berbeda.

Inheritance
merupakan proses pewarisan data dan method dari suatu class yang telah ada kepada suatu class baru. Class yang mewariskan disebut dengan superclass/ parentclass/ baseclass, subclass/ child class/ derivedclass. subclass tidak dapat mewarisi anggota private dari superclass-nya.

untuk menerapkan inheritance menggunakan "extends".
keyword "super" digunakan oleh subclass untuk memanggil constructor atau method yang ada pada superclass-nya.

Personal Accounting

public class personalaccounting
{
private transaksi [ ] daftartransaksi = new transaksi [10];
int i=0;
public void add (transaksi tr)
{
daftartransaksi [i]=tr;
i++;
}

public void cetaktransaksi( )
{
     For (int j=0 ; j<I ; j++)
     Dafrartransaksi[j].cetaktransaksi( );
}

public void saldo()
{
     int saldo = 0;
     for(int z = 0 ; z<i ; z++ )
     {

      if (daftartransaksi[z].getstatus() == true)
     {
saldo = saldo + daftartransaksi[z].getnominal();
      }
      else
     {
saldo = saldo - daftartransaksi[z].getnominal();
      }

}
}
      System.out.println(“informasi sisa saldo anda adalah” + saldo);
}
}


public class transaksi{

public static dinal Boolean DEBET=true;
public static dinal Boolean KREDIT=false;
private Date tgl;
int nominal;
String keterangan;
Boolean status;

public transaksi (Date tgl, int nominal, String keterangan, Boolean statys){
this.tgl=tgl;
this.nominal=nominal;
this.keterangan=keterangan;
this.status=status;
}

public void cetaktransaksi(){
System.out.print(“tanggal”+tgl);
System.out.print(“nominal”+nominal);
System.out.print(“keterangan”+keterangan);
System.out.print(“status”+status);
}

public Boolean getstatus(){
return status;
}
public int getnominal(){
return nominal;
}

}









Minggu, 02 Oktober 2011

Sistem Operasi Linux



SISTEM OPERASI LINUX

Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS, yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu ke pada suatu kumpulan lengkap software, yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.

Perbedaan mendasar Linux
Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah, harga. Linux ini GRATIS. Berarti dapat diperbanyak, dan didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Tetapi banyak isue lainya dengan bersifat free, selain dari pertimbangan harga. Source code Linux tersedia bagi setiap orang. Perkembangan Linux menunjukkan pentingnya perananan kebebasan ini. Hal ini telah menghasilkan suatu tingkat keterlibatan yang menakjugkan dari ribuan atau bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia. Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk divais tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal, atau menandatangani non descructive agreement. Dan itu juga telah menyediakan kemungkinan bagi mahasiswa ilmu komputer di seluruh dunia untuk melihat ke dalam suatu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial. Karena Linux itu tersedia secara bebas di Internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distribusi, yang dapat dianggap sebagai berbagai versi kemasan Linux. paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap, perangkat lunak untuk instalasi, dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus, dan dukungan khusus.

Perbandingan Linux terhadap sistem operasi lainnya
Linux disusun berdasarkan standard sistem operasi POSIX, yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal. Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding Unix lain pada hardware yang sama. Dan lagi UNIX memiliki kelemahan, yaitu tidak bersifat free. MS-DOS memiliki kemiripan dengan Linux, yaitu file sistem yang bersifat hirarkis. Tetapi MS-DOS hanya dapat dijalankan pada prosesor x86, dan tidak mendukung multi-user dan multi-tasking, serta tak bersifat free. Juga MS-DOS tidak memiliki dukungan yang baik agar dapat berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya, termasuk tidak tersedianya perangkat lunak network, program pengembang, dan program utilitas yang ada dalam Linux. Microsoft Windows menawarkan beberapa kemampuan grafis yang ada pada Linux termasuk kemampuan networking, tetapi tetap memiliki kekurangan yang telah ada pada MS-DOS.
Windows NT yang juga tersedia untuk Digital Alpha dan juga prosesor x86 juga memiliki beberapa kekurangan yang telah ada pada MS-DOS. Waktu untuk menemukan suatu bug dalam suatu sistem operasi ini tak sebanding dengan harga yang harus dibayar.


Sistem operasi Apple untuk Macintosh hanya dapat berjalan di sistem Mac. Juga memiliki kekurangan dari sisi ketersediaan perangkangkat bantu pengembang (development tool), dan juga kurang dapat secara mudah untuk berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya. Apple juga telah memungkinkan Linux dapat dijalankan pada PowerMac.




Asal Linux

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus

mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok

orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh, C Compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun. Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu

Star Office. Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti Matlab yang pada Linux dikenal sebagai Scilab. Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering disebut Distro). Distro adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/1854425-sistem-operasi-linux/#ixzz1Zgkmj0df