- OOP adalah program kumpulan objek yang tersusun dari struktur data/ fields dan method/ operation.
Data :
- identitas
- information
- perilaku
- kemampuan
- proses
- ABSTRACTION(Permodelan) : Proses filter dalam rangka melakukan bagaimana membawa sesuatu dari real menjadi program.
- ENCAPSULATION = information hidding/ implementation hidding : Memisahkan data dan proses dari area publik. bersifat private.
- INHERITANCE(Pewarisan) : Bahwa sebuah class dapat diturunkan menjadi class yang lain. Begitu juga sebuah class bisa menjadi turunan dari class yang lain. Semua sifat induk di wariskan kedalam class anaknya.
- POLIMORLY
- Nama Class -> identitas
- Data -> kumpulan data
- Method -> operation
Nama class -> Person
Data -> nama ; String
usia ; int
method -> person( )
Class adalah Blueprint of Object. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi).
Object adalah perwujudan dari class
Access modifier adalah sebuah penanda yang bisa diletakkan didepan method atau variabel
Access modifier :
- Private -> tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan
- Protected -> private kecuali turunannya saja/ hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya
- Package -> masih dalam satu folder
- Public -> umum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar